Tetap Produktif Bekerja Dari Rumah

Bekerja dari rumah atau istilah kerennya work from home (WFH) sudah menjadi istilah yang sudah ada sejak lama, namun di Indonesia sendiri baru beberapa kantor saja yang melakukannya. Secara umum bekerja dari rumah dapat diartikan sebagai cara kerja karyawan di luar kantor, baik dari rumah, cafe, maupun tempat lain sesuai dengan keinginan karyawan.

Tidak perlu risau dengan adanya sistem kerja dari rumah ini, karna saat ini untuk anda yang tinggal di daerah BSD sudah ada layanan virtual office bsd yang akan memantu anda kerja dari rumah.

Dari perspektif sistem, bekerja dari rumah memang memiliki manfaat yang tinggi tetapi begitu pula tantangannya. Apakah mereka? Simak detailnya di sini.

Manfaat Bekerja Dari Rumah

Hemat Biaya

Saat harus ke kantor, biasanya akan ada biaya transportasi yang harus dikeluarkan, belum lagi jika membeli makanan atau minuman dari luar. Namun, berbeda ketika bekerja dari rumah, Anda bisa memangkas beberapa pengeluaran dan menghemat lebih banyak.

Fleksibel

Tahukah Anda bahwa setiap orang memiliki jam produktif yang berbeda?

Dengan sistem kerja yang lebih fleksibel, kini setiap orang dapat memiliki jam kerja yang tidak tetap pada sistem 8-5 atau 9-6. Begitu pula posisi duduk dan pakaian, serta waktu makan bisa diatur sesuai keinginan.

Lebih dekat dengan Sang Kekasih

Jika selama ini keseharian Anda dipenuhi dengan aktivitas kerja, kini Anda bisa mendapatkan kehidupan yang lebih seimbang. Lebih dekat dengan keluarga Anda, dengarkan cerita dari anggota keluarga, dan rehat sejenak dari kepenatan.

Tantangan Bekerja Dari Rumah

Jam Kerja Tidak Terbatas

Selama di kantor, pekerja diharuskan mengikuti aturan yang diberikan, namun sekarang situasinya berbeda karena Anda dituntut untuk bisa mengatur jam kerja dan batasannya. Karena sangat mungkin sekali Anda bisa memprioritaskan semua pekerjaan pada hari yang sama, atau bahkan mengabaikannya.

Mengalami Fluktuasi Emosional & Motivasi

Bagi sebagian orang, tinggal di rumah sepanjang hari bukanlah masalah. Namun apa jadinya jika Anda harus tinggal di rumah dalam waktu lama dan tidak diperbolehkan bepergian? Tentu hal ini menjadi masalah bagi sebagian orang yang akhirnya menyebabkan mood dan motivasi menjadi berfluktuasi.

Lalu setelah mengetahui hal-hal di atas, bagaimana cara memperbaikinya?

Tips Bekerja Dari Rumah

Buat ruang kerja

Berbicara tentang ruang kerja, tentunya tidak harus berupa kantor pada umumnya. Pilih saja tempat yang menurut Anda nyaman dan memberikan ketenangan pikiran saat bekerja. Ciptakan suasana yang dapat membangun mood dan motivasi untuk bekerja, serta menjauhi sofa dan kamar tidur yang dapat membuat Anda merasa malas.

Tetapkan Prioritas dan Tetapkan Rutinitas

Beradaptasi bukanlah hal yang mudah bagi banyak orang. Maka tidak heran jika pada awalnya sistem kerja dari rumah menjadi kendala. Untuk itu cobalah batasi diri Anda untuk bekerja sesuai jam kantor. Jadwalkan juga jam istirahat yang sesuai seperti saat Anda bekerja di kantor.

Menggunakan Pakaian Kerja Favorit

Mungkin terasa aneh bekerja di rumah dengan mengenakan pakaian seperti pergi ke kantor. Namun, langkah sederhana ini bisa membuat Anda memiliki mood dan semangat tinggi dalam bekerja, apalagi jika harus melakukan video call dengan atasan atau klien.

Menjaga Hidup Sehat

Tidak memiliki rutinitas seperti biasanya bukan berarti harus melepaskan kebiasaan baik, seperti sarapan pagi dan bangun tepat waktu. Sangat disarankan agar Anda tetap konsisten agar hidup bisa tetap seimbang.

Jangan lupa untuk rutin berolahraga dan menerapkan gaya hidup sehat dalam keseharian Anda. Biasakan juga untuk mencuci tangan dan minum air yang cukup.

Menciptakan Mood Positif

Mulailah hari dengan rasa syukur dan berpikir positif, lalu segera pergi membersihkan diri dan kenakan pakaian yang nyaman untuk bekerja. Perlu diingat bahwa semakin cepat Anda mulai bekerja, semakin cepat pekerjaan tersebut dapat diselesaikan.

Jika cara di atas kurang maksimal, coba dengarkan musik favorit Anda dengan ditemani segelas minuman untuk membangun mood yang baik. Yakinlah bahwa meskipun tidak semua hari baik, selalu ada sesuatu yang baik setiap hari.