Mengenal Dompet Bitcoin, Dompet Khusus untuk Aset Kripto

Sama seperti aset pada umumnya, Bitcoin juga membutuhkan tempat penyimpanan khusus yang aman. Pasalnya, aset kripto paling populer yang dibuat oleh Satoshi Nakamoto adalah top of mind sekaligus kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar. Tempat khusus untuk menyimpan Bitcoin ini dikenal sebagai dompet Bitcoin.

Dompet sebenarnya memiliki jenis yang berbeda-beda, sesuai dengan kebutuhan pengguna. Pada artikel ini, kami akan mengulas wallet bitcoin dan apa fungsinya?

Apa itu Dompet Bitcoin?

Secara harfiah, wallet dapat diartikan sebagai dompet. Dalam industri aset kripto, dompet adalah teknologi yang digunakan untuk menyimpan mata uang kripto. Dompet Bitcoin sendiri adalah teknologi yang digunakan untuk menyimpan Bitcoin yang Anda miliki.

Dompet terbagi menjadi dua, yaitu dompet panas dan dompet dingin. Dompet panas adalah dompet yang dapat diakses menggunakan internet melalui ponsel dan desktop Anda. Sedangkan cold wallet adalah dompet yang tidak terhubung dengan koneksi internet. Biasanya memiliki bentuk fisik seperti dompet perangkat keras atau berupa selembar kertas

Ada banyak jenis dompet yang bisa Anda gunakan untuk menyimpan aset kripto. Meski jenisnya berbeda, masing-masing dompet memiliki karakteristik yang sama. Keduanya memiliki kunci pribadi, kunci publik, dan antarmuka untuk mengidentifikasi dana yang tersedia, riwayat transaksi, dan dilengkapi dengan lapisan keamanan.

Kunci pribadi biasanya digunakan untuk membuka dan mengakses dompet Anda. Sedangkan kunci publik atau public address biasanya digunakan untuk mengirim atau menerima BTC antar pihak. Umumnya kunci publik digunakan untuk menerima atau mengirim aset dari atau ke orang lain.

Apa Jenis Dompet Bitcoin?

Berikut ini adalah jenis-jenis dompet Bitcoin yang bisa menjadi pertimbangan Anda dalam memilih dompet yang tepat untuk Anda.

Dompet Seluler

Dompet seluler adalah salah satu jenis dompet Bitcoin yang paling mudah diakses. Dompet jenis ini umumnya merupakan bagian dari aplikasi pertukaran di ponsel Anda.

Biasanya kunci pribadi di dompet seluler disimpan langsung oleh platform pertukaran. Hal ini dilakukan agar Anda dapat melakukan transaksi secara langsung dengan mudah. Anda hanya membutuhkan ponsel dan koneksi internet yang stabil.

Dompet Desktop

Selain dompet digital yang dapat diakses melalui ponsel, Anda juga dapat memiliki dompet Bitcoin yang dapat diakses melalui desktop. Fitur ini akan memudahkan Anda yang lebih terbiasa melakukan transaksi Bitcoin melalui desktop.

Hardware wallet

Hardware wallet merupakan salah satu jenis wallet Bitcoin yang memiliki tingkat keamanan yang tinggi dibandingkan dengan wallet lainnya. Ini karena kunci pribadi disimpan di perangkat keras yang dapat menyimpan Bitcoin dalam jumlah tidak terbatas.

Dompet jenis ini dapat digunakan secara langsung dan tidak memerlukan aplikasi atau software khusus. Tidak seperti dompet jenis lain yang membutuhkan aplikasi tambahan.

Sebagian besar dompet perangkat keras juga dilengkapi dengan layar kecil untuk membantu memverifikasi informasi. Layar juga digunakan sebagai layanan antarmuka untuk memfasilitasi transaksi Bitcoin.

Saat memutuskan untuk membeli dompet hardware, pastikan Anda memilih dompet dengan merek yang terpercaya.

Cold Wallet

Cold Wallet, juga dikenal sebagai dompet kertas, adalah jenis dompet yang unik karena kunci pribadi Anda dicetak di selembar kertas. Umumnya, cold wallet dicetak dalam bentuk kode QR sehingga Anda cukup masuk ke akun Anda dengan memindai kode yang tertera saat ingin bertransaksi Bitcoin.

Dompet ini disimpan secara offline dan tidak memiliki koneksi ke internet. Dompet dingin memiliki tingkat keamanan yang sangat tinggi. Karena untuk mendapatkannya, seseorang harus memiliki akses langsung ke kertas untuk mendekripsi dompet Anda.

Meski paper wallet ini terbilang cukup aman, Anda perlu ekstra hati-hati sebelum mencetaknya. Salah satu tips yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan printer yang tidak terkoneksi internet saat mencetak cold wallet.

Setelah dicetak, Anda harus melindunginya agar tidak dirusak. Anda dapat melaminasi kode yang dicetak atau menyimpannya dengan penutup plastik agar tidak rusak atau hilang.