Membeli Bibit di Toko Bibit Ikan Perhatikan Hal Ini

Usaha ternak ikan akhir-akhir ini bisa dikatakan sedang trend. Pasalnya, cukup banyak pengusaha ternak ikan baru bermunculan dimana-mana. Salah satu faktor yang memicu hal tersebut adalah permintaan ikan yang kian meningkat.

Perkembangan zaman berbanding lurus dengan usaha kuliner. Sehingga bisa dikatakan makin banyak pula orang yang membuka usaha di bidang kuliner salah satunya adalah rumah makan. Anda pasti sudah tidak asing dengan menu ikan yang ada di rumah makan.

Ikan memang menjadi lauk favorit selain karena kandungan gizi tinggi, daging ikan yang lembut dan empuk lezat diolah menjadi berbagai macam masakan. Nah, dari sinilah para peternak ikan melihat peluang bisnis yang cukup menjanjikan.

Tips Membeli Bibit di Toko Bibit Ikan

Jika anda tertarik menjadi peternak ikan, selain menyiapkan kolam, hal yang tidak kalah penting adalah menyiapkan bibit ikan. Anda bisa membeli bibit ikan di toko bibit ikan hias terdekat. Saat membeli bibit, hendaknya anda memperhatikan beberapa hal berikut.

1.Jangan tertipu harga murah

Setiap orang pasti ingin mengeluarkan modal sekecil mungkin. Salah satu cara memangkas modal adalah membeli bibit dengan harga murah. Namun, anda perlu mewaspadai jika harga bibit tersebut sangat murah seperti terpaut jauh dengan rata-rata toko bibit ikan di sekitar anda.

Tidak jarang ada penjual bibit nakal yang menternak bibit tidak sesuai SOP. Akibatnya, bibit berharga murah tersebut ternyata berkualitas buruk. Hal ini bisa anda lihat dengan jelas ketika bibit mulai tumbuh.

Oleh karena itu, anda tidak dilarang membeli bibit dengan harga murah tapi anda juga harus berhati-hati bila harga bibit terpaut jauh dengan rata-rata harga bibit di pasaran.

2.Pehatikan Ukuran dan Jumlah Benih

Hal lain yang perlu anda perhatikan saat membeli bibit adalah ukuran serta jumlah benih. Termasuk saat mencari toko yang jual bibit udang vaname windu. Terkadang ada penjual nakal yang berkata bahwa bibit mereka berukuran 3-5 cm padahal kenyataannya hanya berukuran 3-4 cm.

Selain itu anda juga boleh menghitung jumlah benih yang sampai ke tangan anda. Karena ada beberapa kasus dimana jumlah benih yang dikirim tidak sesuai dengan jumlah benih yang dibeli.

Itulah beberapa tips membeli bibit di toko bibit ikan yang sebaiknya anda perhatikan. Semoga informasi ini bermanfaat.