Hal Penting yang Harus Dilakukan Saat Check In di Bandara

Sejak era pandemi corona ini, sistem check in di bandara tentu saja berubah. Perubahan itu tentunya agar kita terhindar dari bahaya virus Covid-19.

Selain mematuhi protokol kesehatan seperti #ingatpesanibu untuk melakukan 3M yakni memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan serta mencuci tangan.

Kita juga perlu melakukan segala persiapan untuk mempermudah proses check in kita.

Nah, kebetulan NOVA baru saja melakukan perjalan menuju Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, bersama Garuda Indonesia dan Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

Ada beberapa hal yang perlu kita siapkan sebelum check in, berikut di antaranya:

  1. Lakukan Rapid Test/PCR

Semua perjalanan menggunakan akomodasi pesawat sekarang harus menyertai surat keterangan Non Reaktif Corona untuk bisa melanjutkan perjalanan.

  1. Isi data diri di aplikasi Ehac

Kementrian Kesehatan telah meluncurkan aplikasi Ehac (Indonesian Alert Card) untuk mempermudah proses tracing.

Nantinya, data diri yang kita cantumkan di Ehac akan di scan pada saat tiba di bandara destinasi.

  1. Lakukan validasi

Saat tiba di bandara kita diharuskan melakukan validasi terlebih dahulu sebelum check ini di counter.

Oleh sebab itu, kita diimbau untuk datang 3 jam sebelum keberangkatan untuk antisipasi antrean saat validasi. Saat validasi Satgas Covid-19 yang bertugas akan memberikan stempel ke kertas hasil rapid test kita.

  1. Self Check In

Setelah melakukan validasi, kita akan diarahkan untuk ke counter check in untuk memperoleh boarding pass. Namun, bila kita tidak memiliki bagasi untuk di pesawat, kita akan disarankan untuk melakukan self check in lewat aplikasi. Baca cara cek in pesawat untuk informasi lebih detailnya.

  1. Selalu Siapkan Bukti Test

Di setiap pemeriksaan penumpang, kita akan diminta untuk menunjukkan hasil bukti rapid test kita. Oleh sebab itu, alangkah lebih baik untuk selalu siapkan hasil test kita sampai sahabat duduk di bangku pesawat.

Nah, tapi tetap saja, protokol kesehatan selama perjalanan mulai dari bandara sampai destinasi tujuan harus dilakukan lho. See u, and don’t forget to read our articles.