Cara Merawat AC Mobil

Sistem pendingin udara di kendaraan yang beroperasi di iklim utara yang lebih dingin perlu dijalankan setiap minggu selama bulan-bulan non-AC selama sekitar sepuluh menit. Ini akan mensirkulasikan oli dalam sistem, menjaga seal terlumasi dan mencegahnya mengering (yang akan menyebabkan Freon bocor.) Menjalankan AC secara berkala juga akan mengeringkan ruang udara dan mengurangi kemungkinan jamur dan jamur. tumbuh di dalamnya, menyebabkan bau yang tidak diinginkan. Nah, daripada kebingungan mencari bengkel ac mobil terdekat saat berada di perjalanan, ikuti tips merawat AC berikut ini.

Selain menjalankan sistem secara berkala, Anda harus memeriksa AC Anda untuk menghindari masalah. Ini adalah sesuatu yang hampir semua orang bisa lakukan. Kami memulai pemeriksaan di bawah kap dengan memeriksa kondensor A/C yang terletak di depan radiator.

Memeriksa Kipas Mesin Dan Belt Kipas

Item berikutnya dalam daftar kami adalah memeriksa kipas mesin yang dapat berupa mekanik atau listrik. Jika Anda memiliki kipas pendingin listrik yang dipasang ke radiator, itu harus selalu menyala ketika AC dalam posisi hidup. Jika kipas tidak bekerja dapat mengakibatkan tekanan yang terlalu tinggi pada sistem yang dapat merusak selang dalam sistem, menyebabkan hilangnya Freon dan oli dalam sistem. Beberapa sistem memiliki dua kipas listrik tetapi hanya satu dari mereka yang perlu berjalan saat sistem pendingin udara menyala. Jika Anda mengemudikan kendaraan dan udara yang berasal dari saluran udara dingin tetapi naik secara signifikan saat mesin dalam keadaan idle, ini merupakan indikasi yang baik bahwa kipas pendingin tidak bekerja.

Sebaliknya, jika Anda memiliki kipas kopling mekanis yang memiliki termostat di tengahnya, kipas tersebut seharusnya mengencang dan berputar lebih cepat saat udara masuk melalui kondensor dan radiator memanas. Ada tes cepat yang dapat Anda lakukan untuk memeriksa kondisi kopling kipas. Dengan mesin dingin dan mati, raih dan putar kipas secara manual. Kipas harus berputar bebas – itulah yang seharusnya dilakukan. Saat mesin panas, Anda akan merasakan hambatan atau hambatan saat Anda memutarnya. Jika kendor dan berputar bebas saat mesin panas kemungkinan besar fan clutch Anda rusak. Seperti yang dinyatakan dalam paragraf terakhir, jika udara yang berasal dari saluran udara dingin saat mengemudi tetapi menjadi sangat panas saat kendaraan dalam keadaan diam, ini merupakan indikator yang baik bahwa Anda memiliki kipas kopling yang rusak.

Memeriksa belt kipas berikutnya dan dilakukan secara visual. Periksa bagian bawah belt dari keretakan. Jika retakan ditemukan, belt harus diganti. Pada kendaraan yang lebih tua, pengukur tegangan belt diperlukan saat mengganti belt untuk mencegah tekanan berlebihan yang terkait dengan komponen yang digerakkan oleh belt. Hal ini dapat menyebabkan kegagalan dini pada item yang digerakkan ini tetapi tidak menjadi masalah dengan kendaraan baru yang memiliki tensioner belt pegas yang menerapkan jumlah tegangan yang tepat pada belt.

Memeriksa Operasi

Pada titik ini kita akan memeriksa pengoperasian sistem pendingin udara. Nyalakan mesin dan tempatkan pengatur suhu pada posisi terdingin dan sakelar kecepatan kipas pada posisi tertinggi. Bagian depan kompresor AC memiliki kopling yang akan mengaktifkan komponen internal. Jika Anda melihat kompresor secara visual, Anda akan melihat kopling dan puli penggerak berputar bersama. Kopling akan hidup dan mati kira-kira setiap 20 hingga 30 detik, yang normal. Jika siklus kopling hidup dan mati dengan cepat setiap beberapa detik, ini merupakan indikator yang baik bahwa sistem kekurangan Freon.