Cara Cermat Bayar Hutang

Bagaimana Anda mengatasi hutang Anda dapat membuat perbedaan besar pada apa yang Anda bayar dalam jangka panjang. Berikut tips dalam melunasi hutang dikutip dari Cekaja.

Bukan hal yang aneh di Indonesia untuk memiliki beberapa bentuk hutang, apakah itu hutang kartu kredit, pinjaman pribadi, uang sekolah, pembiayaan mobil atau pinjaman rumah.

Sementara semua hutang membutuhkan uang dan perlu dilunasi, tidak semua hutang sama. Ada ‘hutang baik’ dan ‘hutang buruk’ dan yang membedakan keduanya hanyalah kemampuan hutang itu untuk membantu Anda membangun kekayaan dari waktu ke waktu. Berikut ini adalah tips melunasi hutang yang kami rangkum untuk Anda semua. Selamat membaca.

Misalnya, utang dapat dipandang baik jika Anda menggunakannya untuk berinvestasi dalam aset, seperti properti atau saham, yang (walaupun tidak dijamin) dapat menghasilkan pendapatan dari waktu ke waktu, dan/atau nilainya meningkat, sehingga Anda dapat menjual untuk mendapatkan keuntungan di kemudian hari.

Utang macet di sisi lain adalah uang yang Anda pinjam untuk hal-hal yang tidak akan membuat Anda mendapatkan keuntungan finansial, seperti pengeluaran sehari-hari, seperti bahan makanan, di samping hal-hal seperti pakaian dan liburan.

Cari tahu hutang apa yang Anda miliki dan berapa totalnya

Jika Anda mencoba mencari cara untuk mengelola utang Anda, titik awal yang baik adalah membuat daftar berapa banyak Anda berutang dan kepada penyedia mana, dan berapa banyak Anda membayar biaya dan bunga untuk masing-masing.

Meskipun ini bisa menjadi panggilan bangun yang sedikit tidak menyenangkan, ini akan memberi Anda pandangan yang jelas tentang di mana Anda berada, dan bagaimana suku bunga dan biaya yang berbeda dapat memengaruhi jumlah yang Anda bayar kembali.

Bandingkan apa yang Anda peroleh, berutang, dan belanjakan

Selain mengidentifikasi dengan tepat apa yang Anda berutang, mungkin juga membantu untuk mengetahui berapa banyak uang yang Anda dapatkan, berapa banyak uang tunai yang diperlukan untuk hal-hal penting dan ke mana sisa uang Anda mungkin pergi.

Ini akan membantu Anda mengidentifikasi di mana mungkin ada ruang untuk bergerak dan di mana Anda dapat mengekstrak sedikit tambahan untuk ditambahkan ke pembayaran Anda. Kalkulator Anggaran kami dapat membantu Anda menghitung angka.

Lihat apakah Anda dapat menggabungkan pinjaman Anda menjadi satu

Banyak hutang dapat berarti banyak biaya dan biaya bunga, itulah sebabnya menggabungkan hutang Anda menjadi satu pinjaman, dengan tingkat bunga yang lebih rendah dan biaya yang lebih rendah, dapat membantu Anda menghemat uang.

Jika Anda menggabungkan pinjaman Anda menjadi satu, mungkin juga lebih mudah untuk dikelola karena Anda mungkin hanya perlu melakukan satu pembayaran daripada harus menyulap beberapa.

Namun, sebelum Anda membuat keputusan apa pun, Anda akan ingin melihat apakah pemberi pinjaman Anda dilisensikan oleh ASIC dan apakah Anda benar-benar akan menghemat uang setelah Anda memperhitungkan suku bunga, biaya, dan biaya tambahan apa pun. Juga, perlu diingat jika Anda tidak melakukan pembayaran tepat waktu, Anda mungkin akan membayar lebih.

Bayar hutang Anda tepat waktu

Manajemen waktu dan manajemen hutang sering berjalan seiring, karena membayar sesuatu saat jatuh tempo sering dapat membantu Anda menghindari hal-hal, seperti biaya keterlambatan dan biaya bunga tambahan.

Pertimbangkan untuk menyiapkan lansiran untuk mengingatkan Anda saat pembayaran jatuh tempo atau melihat apakah Anda mungkin mendapat manfaat dari membayar dengan debit langsung.